April 10, 2012

Memasang Scroll Untuk Ruang Posting

Situseo Blog : Memasang scroll pada ruang postingan, seperti dijelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa fungsi scroll yaitu untuk menghemat ruang, baik itu untuk menghemat ruang sidebar dengan memasang fungsi scroll pada tiap widgetnya, atau memasang scroll didalam postingan untuk artikel atau kode snippet, tapi yang akan kita bicarakan kali ini adalah memasang fungsi scroll pada ruang posting secara keseluruhan.

memasang scroll pada ruang posting

Pada dasarnya kode yang dipergunakan sama seperti kita membuat fungsi scroll pada widget, yaitu overflow:...;, cara untuk memasang fungsi scroll pada ruang postingan, masuk menu Edit HTML - jika perlu lakukan backup template terlebih dahulu, kemudian cari kode .post-body {, kode css ruang postingan tersebut biasanya dipergunakan untuk template desain dari blogger, setelah ketemu tambahkan kode overflow:...; dibawahnya, sehingga menjadi seperti ini :

.post-body {
   overflow:auto;
}

kode tersebut hanya menambah kode perintah untuk scroll, tapi belum diatur ukuran ketinggian dari ruang posting yang akan ditampilkan jika menggunakan scrokk, untuk itu tambahkan kode ukuran tinggi dari dari ruang posting dengan menambahkan kode height:200px; (ukuran tinggi bisa kalian sesuaikan dengan merubah bagian angkanya), sehingga kode keseluruhan menjadi seperti ini :

.post-body {
   overflow:auto;
   height:200px;
...kode css lainnya
}

Save template kalian dan lihat hasilnya.

Jika kode .post-body { tidak ada dalam template kalian, saya perkirakan kalian menggunakan template custom (diluar template desain blogger), biasanya kode .post-body { untuk template custom menggunakan kode :

.post {
...kode css
}

Untuk pemasangan scroll pada tempat lainnya, cukup menggunakan cara tersebut yang penting kalian mengetahui bagian-bagian dari template.

Semoga bermanfaat,

6 Diskusi untuk Memasang Scroll Untuk Ruang Posting

16 April 2012 pukul 17.15  

alhmdlilah, akhrnya dipostingkan juga. aduh, aku pake custom template gmana mas, ? padahal q pgen bgt ruang posting ada scrollnya, cara ngakalinya gmana mas dalang, misalnya ga ada .post-body (intinya yg disebutkan diatas)

17 April 2012 pukul 04.01  

@trii waluyo itu kan ada keterangan dan contohnya diatas

18 April 2012 pukul 17.46  

aduh, gmana ya mas, ? saya dah coba, tetep ga bisa, malah homepage q yg ada scrollnya, trus coba tak tambain .post-body tetep ga ada perubahan. ya udahlah mas, mungkin akunya aja yang bodoh.

19 April 2012 pukul 02.17  

@trii waluyo terus dicoba, sebab penamaan kode css itu flexible, tentunya penamaan tiap template berbeda

19 April 2012 pukul 07.34  

ya mas dalang, terima kasih. mw tanya lagi ni mas, gmana caranya buat artikel terkait di bawah postingan trus ada scrollnya. terima kasih mas, mohon pencerahaanya

19 April 2012 pukul 23.33  

@trii waluyosudah saya posting, cari saja pake kotak search dengan keyword artikel terkait

Posting Komentar

supaya diskusi berjalan baik, gunakan tombol jawab untuk reply. penggunaan tombol jawab, jangan menghapus kode komentar pada kotak komentar, cukup mengetikan komentar disebelah atau dibawah kode komentar. Terima kasih.

rate this post
beri nilai posting ini
Terima kasih,
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Web DirectoryMy Ping in TotalPing.comBloggers - Meet Millions of Bloggers
Protected by Copyscape Duplicate Content Check

Template by Dicas Blogger | Modifikasi ulang oleh Mas Dalang

101011  ©Situseo Blog | Powered by Blogger | Back to Top