Maret 27, 2012

Modifikasi Ulang Template Atau Mengganti Template

Situseo Blog : Para Desainer template untuk blogger banyak bermunculan baik itu dari luar maupun dari dalam negeri kita sendiri, seiring dengan kemunculannya banyak desain-desain template yang sudah dihasilkan, hasilnya pun sungguh bagus-bagus, cantik dan mengagumkan sangat menggoda untuk kita memilikinya (menggunakan).

Dari sekian banyak template yang tersedia, baik dari pihak blogger sendiri maupun custom template yang banyak beredar pada situs-situs penyedia template blogger dan dengan kemudahannya kita bisa mendownload serta mempergunakan template tersebut dengan bebas (free), dari banyaknya template yang tersedia dengan desain yang bagus-bagus kadang menggoda kita untuk mengganti template dengan template yang lebih baru dan lebih bagus. Untuk mengganti template memang mudah dalam mesin blogger, tapi apakan semudah kita memutuskanya?

Ya, walaupun kita dengan mudah bisa mengganti template, sebaiknya memikirkan hal-hal dari akibat kita mengganti template :
  • Dengan mengganti template, mesin pencari akan membaca ulang struktur template, tentu saja akan menghambat mesin dalam mengindeks isi blog dan akan berakibat jelek terhadap seo.
  • Mesti menata ulang widget yang sudah terpasang sebelumnya dan akan lebih repot lagi kalau widget yang pernah terpasang berhubungan penempatannya dalam template.
  • Menempatkan kembali script yang pernah terpasang pada template yang berhubungan dengan didaftarkannya blog kita pada situs-situs tertentu, sebagai contoh kode validasi, kode google analytic dll yang mesti tertanam dalam template.

Dari ketiga contoh akibat yang ditimbulkan dari kita mengganti template, mungkin poin ke satu adalah rintangan yang paling berat, karena bukan kita yang menentukan, berbeda dengan poin 2 dan 3, itu tergantung kita rajin atau tidak-nya untuk memperbaiki susunan script-script yang pernah terpasang.

Selain mengganti template untuk menghasilkan tampilan blog yang lebih baik dan baru, alangkah baiknya kalau kita mencoba untuk me-modifikasi ulang template dengan tampilan yang sesuai dengan yang kita inginkan, tentu saja ini akan menghasilkan tampilan yang lebih baru dan independent.

Beberapa kelebihan jika kita modifikasi ulang template kita sendiri
  • Anggap saja sambil belajar "Learning While Practicing" kode-kode tiap-tiap bagian template, dengan memahami bagian-bagian template akan sangat mempermudah bagi kita untuk memodifikasi tampilan blog.
  • Akan menghasilkan karya tampilan (desain) blog yang pastinya tidak ada duanya, berbeda kalau kita menggunakan template yang banyak beredar (pada situs penyedia template)untuk kita pergunakan secara gratis, sudah pasti ada orang lain juga yang mempergunakan template tersebut untuk tampilan blognya (mau punya kembaran?).
  • Terutama menurut saya yang masih newbie, mesin tidak akan terlalu dipersulit dalam membaca struktur template, walaupun terjadi perubahan penambahan atau pengurangan script dalam susunan template, karena secara garis besar susunan template tidak banyak yang dirubah, jadi secara seo akan lebih baik.

Dari dua pilihan menganti template atau memodifikasi tampilan blog yang saya sebutkan diatas, tentu saja itu merupakan keputusan kalian untuk memilihnya.

Semoga bermanfaat,

10 Diskusi untuk Modifikasi Ulang Template Atau Mengganti Template

28 Maret 2012 pukul 14.38  

Sangat setuju Gan

29 Maret 2012 pukul 14.45  

Paling gak enak kalo ganti template itu mesti ngotak-atik lagi buat nampilin widget & menu2 yang ada di template lama..

Mendingan modif template aja deh, tapi kalo emang udah sangat bosen tingkat lanjut, yaudah ganti template aja skalian..

Oia,bang.. Skarang aku dapet template yang aneh.. Tiap kode-nya pasti ada dua, jadi kalo mau ngedit mesti diedit keduanya.. disatuin malah ilang menunya..hohoho

29 Maret 2012 pukul 14.46  

OOT, mau tanya: gimana cara membuat submit komentar tanpa perlu reloading page halaman seperti di blog kamu ini?? kog pas tak submit komentar, langsung kekirim tanpa perlu reload..
Keren banget dah, pengen ikutan...

30 Maret 2012 pukul 00.26  

@Faril Lukman wah lebih seru dong untuk experiment :D

30 Maret 2012 pukul 00.30  

@Faril Lukman cuma di rubah pada menu setting - post and comment -comment moderation - always

31 Maret 2012 pukul 18.45  

Met malming Kang.......
smoga sukses yah.....

10 April 2012 pukul 16.13  

mas kalo hapus dobel posying gimana yah><? aku kena musibah ini, bantu dong aku :D makasih sebelumnya :)

11 April 2012 pukul 00.18  

@Moh. Makrus Sahlan dobel posting gimana ya? saya kurang mnegerti pertanyaanya.

atau yang dimaksud duplicate content sehingga post-nya tidak muncul pada search engine???

19 Juni 2012 pukul 12.46  

Hehehehh saya sudah modifikasi template saya mas, boleh mintak saran ndak apa yang kurang nie dari template saya.....? :D Mohon bantuannya ya.......

19 Juni 2012 pukul 12.48  

@Mas DalangSaya sie pengennya komentar blogspot itu langsung submit kayak pakek Disqus.....? :D

Posting Komentar

supaya diskusi berjalan baik, gunakan tombol jawab untuk reply. penggunaan tombol jawab, jangan menghapus kode komentar pada kotak komentar, cukup mengetikan komentar disebelah atau dibawah kode komentar. Terima kasih.

rate this post
beri nilai posting ini
Terima kasih,
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Web DirectoryMy Ping in TotalPing.comBloggers - Meet Millions of Bloggers
Protected by Copyscape Duplicate Content Check

Template by Dicas Blogger | Modifikasi ulang oleh Mas Dalang

101011  ©Situseo Blog | Powered by Blogger | Back to Top