Januari 07, 2012

Mengetahui Dan Solusi Duplikat Konten Title dan Description

Situseo Blog : Cara mengetahui dan mengatasi atau solusi duplikat konten title dan description, hasil dari duplicate content title dan description, search engine awalnya tidak mengindex beberapa posting, bila dibiarkan terjadi lama kelaman semua postingan kita tidak akan ter-index oleh search engine.

Duplicate content terjadi karena, link utama yang merupakan judul posting dan link komentar yang merupakan link yang berbeda, tetapi memiliki title/judul dan deskripsi yang sama. Sebagai gambaran perhatikan link dibawah ini :

http://situseo.blogspot.com/2011/12/membuat-menu-slide-blogger-menggunakan.html
dan
http://situseo.blogspot.com/2011/12/membuat-menu-slide-blogger-menggunakan.html?showComment=1325128911740#c7370094057987760305

Link bagian atas merupakan link utama atau link judul posting dan yang bagian bawah merupakan link komentar, kedua link tersebut memiliki title dan description yang sama, yang mengakibatkan search engine, terutama google akan menganggap duplicate title dan description.

Gejala terjadinya duplikat konten, biasanya pengunjung blog mulai berkurang akibat dari sebagian posting kita tidak ter-index oleh search engine (google). Untuk mengetahui postingan kita terindex atau tidak, kita bisa ketikan site:alamat blog kedalam browser. Untuk mengetahui langsung postingan mana yang dianggap duplikat konten title dan description, kalian bisa masuk ke Google webmaster Tools - pilih alamat blog kalian - Diagnostics - HTML Suggestions, dari halaman tersebut akan terlihat apa saja yang menjadi masalah dalam blog kalian. Klik bagian yang menjadi masalah untuk mengetahui post - post mana saja yang terkena masalah tersebut.

mengetahui duplikat konten pada webmaster tools google

Solusi untuk mengatasi duplikat konten yang saya lakukan dan berhasil dalam waktu singkat, hanya dalam waktu 3 hari semua postingan sudah terindex kembali.
  • Masuk ke akun blogger - Design - Edit HTML - ceklist Expand Widget Template dan cari kode seperti dibawah ini :
<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'>
<data:comment.timestamp/>
</a>

tambahkan atribut rel='nofollow' pada link sehingga menjadi seperti dibawah ini :

<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink' rel='nofollow'>
<data:comment.timestamp/>
</a>

penambahan atribut rel='nofollow' pada link bermaksud untuk memberi perintah kepada search engine untuk mengabaikan link tersebut.
  • Lakukan rePublish Post, melakukan publikasi ulang dengan melakukan update sedikit terhadap post-post yang dianggap duplikat konten oleh search engine merupakan faktor utama untuk mengembalikan semua post dapat di-index kembali dengan cepat.
Kedua cara tersebut yang saya lakukan untuk menghindari duplikasi konten dan mengembalikan semua postingan untuk bisa kembali terindex oleh mesin pencari google.

Semoga bermanfaat,

11 Diskusi untuk Mengetahui Dan Solusi Duplikat Konten Title dan Description

10 Februari 2012 pukul 19.43  

thanks gan atas informasinya, tamplate blognya bagus

22 Februari 2012 pukul 02.23  

sangat berguna gan

terima kasih banyak atas ilmunya mas

oya mas, bagaimana kalau setelah kita menambahkan kode tersebut tapi kita tidak melakukan republish? apakah hanya yang terindikasi duplicate saja yang di republish? atau semua postingan?

24 Februari 2012 pukul 14.20  

@FIKRISHARE.COM : lakukan republish pada kontent yang terindikasi duplikat saja, sehingga mesin menganggapnya sudah diperbaiki

Mudah2an pertanyaanku selama ini bisa terjawab disini
thx gan

29 Februari 2012 pukul 12.40  

kalo contoh link yang memiliki title dan description yang beda seperti apa??

29 Februari 2012 pukul 22.09  

@Faril Lukman : title dan description yang berbeda tentu saja dari judul post yang berbeda

14 April 2012 pukul 21.33  

Wah makasih gan, pantas saja di google webmaster sering kena warning

5 Mei 2012 pukul 23.12  

Thanks banget sob.. berguna sekali nih tutorialnya

16 Oktober 2012 pukul 18.39  

kalo artikel yang kena duplikat konten sudah terindeks di search engine apa mesti di republish lagi mas? makasih sebelumnya

Posting Komentar

supaya diskusi berjalan baik, gunakan tombol jawab untuk reply. penggunaan tombol jawab, jangan menghapus kode komentar pada kotak komentar, cukup mengetikan komentar disebelah atau dibawah kode komentar. Terima kasih.

rate this post
beri nilai posting ini
Terima kasih,
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Web DirectoryMy Ping in TotalPing.comBloggers - Meet Millions of Bloggers
Protected by Copyscape Duplicate Content Check

Template by Dicas Blogger | Modifikasi ulang oleh Mas Dalang

101011  ©Situseo Blog | Powered by Blogger | Back to Top