Oktober 17, 2011

Menampilkan Widget Hanya Muncul Pada HomePage Blog

Situseo Blog : Pada dasarnya bila kita menambahkan widget pada blog, secara default akan tampil pada bagian homepage dan tampil juga pada bagian halaman halaman post lainnya. Untuk memilah widget hanya tampil pada halaman utama atau homepage saja, perlu penambahan kode perintah supaya widget tersebut hanya muncul pada halaman utama atau homepage.

Kode perintah tersebut kita sisipkan pada bagian widget yang kita ingin tampilkan pada halaman utama atau homepage, dibawah ini langkah dan kode yang perlu ditambahkan adalah sebagai berikut.
  • Loggin ke akun blogger kalian kemudian masuk menu Design - Edit HTML/Edit Template
  • Ceklist expand template widget
  • Sebelum melakukan penambahan didalam template, sebaiknya backup dulu template kalian, gunanya untuk mengembalikan template kepada keadaan semula bila terjadi kesalahan, caranya dengan mendownload full template
Selanjutnya pilih widget yang akan kita munculkan pada bagian homepage saja, saya ambil contoh widget "Recent Comment" setelah ketemu sisipkan 2 baris kode sebagai perintah supaya hanya muncul pada halaman utama atau homepage saja. Untuk jelasnya perhatikan baris kode widget recent comment, kode yang berwarna merah adalah kode untuk memunculkan widget supaya hanya muncul di homepage.

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='recent comment' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Kemudian save template, sekarang widget hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage, bila kita masuk ke salah satu halam post widget tersebut tidak akan muncul

Untuk mengetahui posisi widget yang akan kita tampilkan atau akan kita sembunyikan, seperti contoh diatas yaitu Recent Comment, perhatikan bagian awal dari baris kode widget tersebut yaitu <b:widget id='HTML2' locked='false' title='recent comment' type='HTML'> Recent Comment yang tertulis dalam baris kode tersebut adalah judul dari widget sewaktu kita menambah widget dalam layout/page elements itu yang menjadi patokan untuk mencari posisi widget dalam template yang ingin kita temukan.

Untuk menampilkan widget atau menyembunyikan widget pada halaman tertentu lainnya, bisa membaca caranya pada Cara Menampilkan Dan menyembunyikan Widget Pada Halaman Tertentu

Semoga bermanfaat

8 Diskusi untuk Menampilkan Widget Hanya Muncul Pada HomePage Blog

5 Januari 2012 pukul 08.16  

thanxs gan. . .nyoba dulu

4 April 2012 pukul 18.16  

Sob , cara buat template yang kyak blog sobat satunya itu gimana? saya pingin kyak gtu tp susah buatnya. bisa tolong buatin ndah? hehe .

4 April 2012 pukul 23.56  

@AbeebAreedana yang mana ya?

5 April 2012 pukul 18.11  

@Mas Dalang Yang samplenya blog ini . n hanya mnmpilkan judul posting itu .

5 April 2012 pukul 18.11  

Yang . hnya mnplkan judul postinganya di homepage itu .

6 April 2012 pukul 00.11  

@AbeebAreedana sudah saya post-kan caranya dengan judul hanya menampilkan judul atau title pada homepage

Anonim
29 Agustus 2012 pukul 09.18  

thx gan...

6 September 2012 pukul 16.10  

gan ane udah ngelakuin sprt pritah agan diatas, udh di save dan mau. tapi knpa setelah itu kode ( ) ini ilang lagi. Kenapa ya gan....ane nerapinnya di (follower) ane agar tmpil di homepage aja.

Posting Komentar

supaya diskusi berjalan baik, gunakan tombol jawab untuk reply. penggunaan tombol jawab, jangan menghapus kode komentar pada kotak komentar, cukup mengetikan komentar disebelah atau dibawah kode komentar. Terima kasih.

rate this post
beri nilai posting ini
Terima kasih,
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Web DirectoryMy Ping in TotalPing.comBloggers - Meet Millions of Bloggers
Protected by Copyscape Duplicate Content Check

Template by Dicas Blogger | Modifikasi ulang oleh Mas Dalang

101011  ©Situseo Blog | Powered by Blogger | Back to Top